Wisata Hits Di Bandung


Sekarang semakin banyak tempat-tempat wisata yang ke explore gara-gara instagram, membuat semakin hits atau populer pastinya. The lodge Maribaya, Bandung salah satu tempat wisata yang sekarang lagi ngetrend di kalangan instagramers yang wajib untuk dikunjungi kalau lagi berada di Bandung.

Waktu libur Imlek kemarin, gue dan teman gue Hanip, mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di Bandung. Tujuan pertama gue adalah:

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Berangkat dari Jakarta sekitar pukul 22.00 WIB. Alhamdulillah di perjalanan lancar, ada sedikit kendala saat hujan turun, tapi setelah mengenakan jas hujan, masalah teratasi.

Ya, betul sekali gue ke Bandung naik motor. 

Pagi-pagi sekali gue sudah sampai Ciwidey, kita cari sarapan dan istirahat beberapa jam. Lalu melanjutkan perjalanan untuk sampai di kawasan wisata Kawah Putih.



Meski datang pagi-pagi, di kawasan Kawah Putihnya sudah banyak pengunjung. Ya, namanya juga tempat wisata. Apalagi musim liburan. Untuk masuk kawasan Kawah Putih kita cukup bayar 40k. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, kita disediakan angkutan khusus buat naik ke kawasan wisata Kawah Putihnya.

Sampai di atas cuacanya memang lebih dingin berasa kaya di Swis. *krik-krik* 

Mungkin bagi yang sudah pernah berkunjung bakal kangen sama suasananya yang adem, sejuk, dan dingin-dingin asik. Ini adalah pertama kali gue datang ke Kawah Putih, kebetulan pas lagi musim hujan, dinginya pun jadi lebih berasa kaya di Eropa. :p

Kalau kamu berkunjung ke Kawah Putih gak bawa pacar, tenang di sini banyak yang menyewakan jaket buat penghangat badan. Abang Abang siap menghangatkan tubuhmu dengan jaket yang tebal

Sayangnya saat gue berkunjung ke sini, seharian penuh dirundung hujan, tempatnya juga rame banget. mau nyari spot buat foto aja susah, ya begitulah kalau musim liburan, semua tempat wisata mendadak penuh. Saat meneduh gue coba buka hape buat googling mengenai kawah putih. Tapi sayang, jaringan di gunung susah buat internetan. Akhirnya gue tanya ke petugas tentang sejarah Kawah Putih.

Kawah putih sebenarnya adalah Kawah Gunung Patuha, namun nama tersebut ternyata kalah populer dengan nama Kawah Putih Bandung. Nama Patuha konon berasal dari kata Pak Tua, sehingga masyarakat setempat sering menyebutnya gunung tua atau sepuh. 



Nah di sini ada cerita yang menarik, gue ketemu cewek sama nyokapnya yang lagi asik menikmati liburanya berdua. 

"Mba sini saya fotoin.." Sapa gue, si mbanya agak malu-malu gitu. Sambil senyum-senyum terus pergi. 

Ya, yang menarik adalah gue ditinggalin gitu aja -_-

Cuaca yang memang mendung banget, kabutnya yang tebal, dinginya semakin menusuk, sebentar hujan, sebentar reda, sebentar hujan, sebentar reda begitu terus sampai SBY bikin album baru. Bukan apa-apa, gue kan kedinginan, mau meluk gak ada yg dipeluk. Akhirnya ada yg dipeluk juga.



Tuh kan gue basah...

"Baiknya kalau pergi ke tempat-tempat wisata ya, jangan musim liburan Mas." Kata Hanip 

"Tapi gimana, orang kalau weekday gue kan nguli Nif."

Itu obrolan saat susah mau cari spot yang bagus. Karena semua spot yang bagus dipenuhi orang-orang.




Bisa lihat sendiri kan ramenya kaya apa, padahal saya ngambil fotonya vertikal masih aja ada orang yang tiba-tiba datang terus selfi. Fak.. merusak pemandangan. 



Ini adalah foto yang menurut gue bagus, padahal di baground objeknya itu manusia banyak banget yang ketutup kabut. Jadi kalau diedit-edit gak begitu tampak bocornya lah. hehe

Meski kehujanan, kelaperan, udah kaya gembel banget pokoknya. Kecapan juga karena perjalanan naik motor, belum tidur, belum mandi juga tapi seru sih. Bisa lihat juga keseruanya seperti apa? Bisa dilihat di Vlog gue.



Setelah puas puasin sampe sore di Kawah Putih lalu gue coba cari hotel di kota Bandung, akhirnya kita nemu hotel buat istirahat terus bisa mandi pakai air panas. Sampai di hotel sebenarnya ada kejadian yang sangat lucu, tapi nanti aja lah ceritanya. Lalu kita istirahat untuk mempersiapkan besok paginya ke 

The Lodge Maribaya

Hari kedua di Bandung, gue coba hubungin teman yang memang asli orang Bandung, namanya Philia. Gue coba minta jadi tour guide selama gue di Bandung. Hari kedua di Bandung pasti bakalan seru, soalnya nambah teman. Saat gue bilang gue mau ke The Lodge Maribaya dia agak uring-uringan gitu. Soalnya jalan ke arah The Lodge Maribaya pasti macet banget. Tapi Akhirnya Phili mau nemenin gue buat jadi tour guide. Yeah...!! *Teriak semangat*


Ini dia si Philia yang sudah baik hati jadi tour guide

Pagi-pagi Phili samperin gue di hotel, terus langsung cus. Sempet kaget juga phili bawa motornya udah kaya pembalap. Jarak tempuh dari Bandung ke Maribaya itu menurut gue jauh, bisa makan waktu dua jam, tapi gara-gara Phili ngebut but but banget, kita cuman makan waktu satu jam setengah dengan suasana kota Bandung yang gak beda jauh dengan Jakarta. Yup padat, sama-sama padat, cuma beda bentuk aja.

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata yang memang tergolong baru di kawasan Lembang Bandung. Untuk tiket masuknya cuma 25k dapat soft drink. Di sini banyak spot yang bagus buat foto-foto. Selain itu juga kita bisa coba untuk menguji adrenalin kita loh, ada fasilitasnya, seperti Sky Tree, yang kaya rumah pohon di Kali Biru Jogja itu, Mountain Swing, dan Zip Bike.

Hemm Tapi sayang pas gue kemarin ke sini gak nyobain satu pun wahananya. Soalnya nganti panjang banget. Gue juga gak dapat stock foto banyak di sini.



Sebetulnya tempatnya cozy banget, pokoknya di sini recommended buat ngumpul bareng keluarga atau buat bikin short movie, tapi saran nih kalau mau bikin short movie atau sekedar hunting foto mending datang ke sini pas weekday. Saolnya kalau weekend itu katanya rame terus, udah gitu tempatnya yang memang tergolong kurang luas buat tempat wisata yang sangat populer.



"Phil.. lo kenapa tadi bawa motornya ngebut..?" Tanya gue, yang gue kira dia marah

"Ngejar macet Mas.." 

Ternyata memang jalan menuju kesini jalanya yang sempit, banyak jeglongan, gak mulus, gak kaya pahanya si itu, dan pasti macet. Bener saja kita yang berangkat agak pagi gak kena macet. Gak kebayang juga kalau gak ada Philia yang cuma ngandalan google map.



"Phil.. nanti pulangnya jangan ngebut ya."

"Oke Mas.."

Tapi apa kenyataanya? Ternyata memang sudah jiwanya pembalap, padahal ujan, jalan licin masih aja ngebut. Sampai akhirnya gue dan Phili terpisah, gue nyasar dan salah ngambil arah jalan. Gak lama Phili telepon gue dan nunjukin jalan yang benar.

"Parah lo Phil masa ninggalin gue."

Si Philia cuma senyum doang, padahal gue udah bilang jangan ngebut. Karena masih belum terlalu sore niatan gue habis dari The Lodge Maribaya mau ke Alun-alun, sama ke Braga atau jalan Asia Afrika, eh malah hujan. Akhirnya Philia pulang ke rumah dan gue langsung pulang ke Jakarta.

Gue baru sadar kalau gue ke bandung pas Imlek, tau kan kalau setiap Imlek pasti hujan?

Sepanjang perjalanan pulang ke Jakarta, gue kehujanan.
Previous
Next Post »

21 komentar

Write komentar
Ikrom Zain
AUTHOR
18 February 2017 at 19:29 delete

kawah putih itu emang so sweet, pingin ke sana lagi deh

Reply
avatar
Puti
AUTHOR
18 February 2017 at 19:46 delete

foto di bio blog sama di postingan ini kok beda ya?

apakah waktu bisa membuat pemilik blog ini berevolusi?
ah~

gimana rasanya tuh ditinggalin gitu aja? au aja bayanginnya pasti awkward banget.
hahaha
hahahahaahaha
hahahahahahahahaha

aku belum pernah ke kawah putih, tapi di tangerang ada kok kawah putih KW. namanya kawah Cigaru.

nah kalau ke lembang, Maribaya, aku pernah tuh.
sama pas hujan juga.

Reply
avatar
Niki s
AUTHOR
18 February 2017 at 20:47 delete

kapan ya tempat wisata pas weekend sepi? tw engga bang?
kok bisa tw cuaca kawah putih itu sama kayak di swiss? emang pernah ke swiss kali bang? kalo pernah di swiss ada apa aja?
ah kirain engga bawa pacar ke kawah putih bakal dikasih pacar atau disewain pacar

Reply
avatar
andi nugraha
AUTHOR
19 February 2017 at 00:48 delete

Aku pengen ke Bandung lagi. Penasaran sama The Lodge Maribaya. Mas upload juga dong foto2 yang di The Lodge, penasaran nih..hehe

Reply
avatar
Fei
AUTHOR
19 February 2017 at 03:32 delete

gw baru aja hari rabu kamis kemarin ke the lodge, keceh sih tempatnya. mayan dapat photo banyak dan mayan capek juga ngantri photo di photo spotnya, hahahhaha

Reply
avatar
Ami Hamni
AUTHOR
22 February 2017 at 01:00 delete

emang SBY sebelumnya pernah bikin album mas? =D

Reply
avatar
Novi's Blog
AUTHOR
26 February 2017 at 05:54 delete

Ya ampun kasihan banget sih ditinggal gitu aja sama tu orang hahaha lagian baik banget pake nawarin diri buat ngefotoin orang :D :D

Ah kawah putih... pengen kesana lagi huuhuu

Reply
avatar
Rezky Pratama
AUTHOR
3 March 2017 at 03:51 delete

pas tuh
kalau ke bandung
bisa mampir kesono
bandung adem euy

Reply
avatar
Riza Alhusna
AUTHOR
4 March 2017 at 06:33 delete

Gw tau put, lu fokus ngeliatin kokoh-kokoh ganteng kan? Hayo ngaku! Wkwkwkwk

Reply
avatar
Riza Alhusna
AUTHOR
4 March 2017 at 06:34 delete

The lodge itu kayaknya hits banget yah. Temen-temen kantor gue pada ngebet ke sana. Gw-nya mah diajak main ke kalimalang di bekasi aja udah seneng, hahaha.

Reply
avatar
efo.teo
AUTHOR
10 March 2017 at 06:20 delete

Penasaraaan sama Kawah Putiiih :D eerrrr, belum kesampaian-kesampaian nih mau ke Bandung ._.

Reply
avatar
20 March 2017 at 19:47 delete

Wahahaa keren si cewek malah berani ngebut :D

Waduh aku belum ke wisata hits yang satu itu tuh. The lodge maribaya :D

Reply
avatar
Kresnoadi DH
AUTHOR
29 March 2017 at 07:22 delete

Bener sih jis harusnya jangan pas musim liburan... Coba sekali-kali ijin, terus ngerasain ke tempat wisata yang cuman sendiri. Beuh.. pasti mantap! Dan dikira yang jaga.

Reply
avatar
Tomi Azami
AUTHOR
4 April 2017 at 02:58 delete

masuk list nih. belum pernah semua, wong belum pernah ke bandung. itu kawah pasti bau gak enak banget yah? kaya bau perselingkuhan...

hai Phila....

ehehhe

Reply
avatar
Imaniar
AUTHOR
26 April 2017 at 00:53 delete

Loji Maribaya dan Kawah Putih sekarang makin ramai ya :D

Reply
avatar
Son Agia
AUTHOR
3 May 2017 at 10:11 delete

Itu nawarin cewek sama mamanya difoto, motivasinya buat apa, Ziz? Caper? Ha ha.

Sampai sekarang belum pernah jalan2 ke Maribaya itu. Tapi sering denger sih. Btw kenapa gak kemping aja sekalian cees?

Reply
avatar
Yoga Akbar S.
AUTHOR
6 May 2017 at 09:20 delete

Ternyata tulisan lama, ya. Lama gak mampir wuahaha. Buseh dah. Ke Bandung pas imlek. Yang bener aja, Zis. Wqwq. Kayaknya jalan-jalan emang enaknya weekday, sih. Kadang gue mikir, jadi pegawai lepas ada enaknya juga kalau untuk jadwal liburan.

Kadang gitu emang. Kalo di tempat yang belum pernah dijelajahi dan ngikutin temen pasti suka ketinggalan. :(

Reply
avatar
benbenavita
AUTHOR
21 May 2017 at 23:31 delete

padahal nih yaaa. kawah putih biasa aja. the lodge maribaya juga biasa aja. pft.

Reply
avatar
Lulu Anditha
AUTHOR
3 June 2017 at 07:40 delete

Kawah putih ciwidey mah gue udh 3x ksna (kyaknya) yg prtma kali dingin bgttt... Lama2 pas kstu lg udh ga sdingin dlu, mgkin emg gue dtg pas lg cuaca panas kaliyak? Udh gtu bosen kstu. Bete, airnya gabisa buat brenang:'D paling cakep buat motret doang.

Maribaya lodge bkin kpok ksna, mcetnya itulohh... Pas Nyampe situ cuman nntnin org doang bejibun... Ga bsa moto di ayunn dll, ngntrinya bsa 3jam-an sking ngantri:')) emg kudu weekday aja dah biar sepi. Weekend, liburan, apalagi long weekend. Mampus dah..

K bndug naek mtor+ujan2an, dijamin abs itu lgsg msk angin yak? Wkwk
Eh itu yg hanif2 itu? Kok cina tp hanif nmanya? Cakep pula. WKakak😆

Reply
avatar
17 June 2017 at 13:31 delete

Aku pernah tuh mas liburan ke tempat yang modelnya kaya gitu di Malang. Spot spot fotonya banyak, tapi di charge per spot 10-15ribu, kan jadi tekor banget. Hufet!

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkomentar, semoga yang berkomentar sopan tidak sara atau saru dapat pahala, yang tidak komentar gue kutuk jadi cakep. ConversionConversion EmoticonEmoticon