Hi Kota Semarang

Menjelang tahun baru 2015 kemaren, gue sempet panik dibuatnya. "Tahun baru men masih jomblo aja" kata-kata itu selalu bikin gue, geli ah, geli-geli basah (dibaca: gelisah), susah tidur. Cari di mana ya? jangan tanya cari apa!!

Gimana tidak, semua temen gue sudah menyusun rencana buat jalan berpasang-pasangan, udah gitu, temen gue norak semua. Mentang-mentang udah laku nge-bully gue, yang belum laku semenjak diputusin calon bidan.

Sebagai jomblo yang elegan, gue selalu berdoa, berusaha, dan ngaca. Salah satu bukti usaha yang gue lakukan adalah dengan ngaca setiap saat ngechating semua teman cewe yang ada di kontak hape gue, dan hasilnya, jawaban beragam. Ada yang jawab kerja, "tahun baru masih kerja aja? jualan trompet bekas lo??!!" ada yang jawab lagi pulang kampung, ada yang cuman di R doang.

Untung tak dapat ditolak, malang tak dapat diraih. Akhirnya malam tahun baru ada yang ngajakin gue jalan, setelah gue cek bbm masuk, ah shit! itu cuma cowo Rinto yang berhati Rini. Tapi dari pada malam tahun baru bobo gasik, kayanya gak afdolis banget, malam pergantian tahun cuman di rumah nonton monas di tv, so sweet. Jadi gak ada salahnya gue ikut bakar-bakar di tempat tinggalnya Rinto

Meskipun cuman bakar jagung

Grup kacrut
Malem tahun baru gini aja, beda banget kan moment-nya sama elo yang udah punya gebetan. Gue bareng gembel-gembel cinta yang fakir asmara, yang bertemankan koka kola, gitar, sama ciu, tapi gue gak ikutan loh, minum ciu, karena gue punya prinsip.

Pagi hari di tahun baru, gue pun pulang kosan dengan hati senang. Tapi, setelah negara api menyerang, semua berubah. Teman gue ngajakin ke Taman Mini, dan itu artinya gue cuman bisa ngeliatin mereka-mereka pacaran, sementara gue jadi kambing conge. Ah fakk, gue pun menolak. Tempat tinggal pun sepi, kosong persis kaya hati jomblo yang tak berpenghuni. Gue takut sama yang sepi-sepi. Soalnya, gue pernah baca artikel kalau orang yang kesepian itu cepet mati.

Gue cuman bisa menasehati diri sendiri "Sabar Rubangi, pepatah kontemporer mengatakan: Orang sabar itu, di sayang jomblo"

Karena gue takut sama yang sepi-sepi, gue pun bergegas mandi, siap-siap keterminal. Nyari tiket buat tahun baruan di semarang, harga tiketnya gila, melonjak jauh dari harga biasanya. Yang biasanya cuman sekitar 120 ribu, gue beli 295 ribu, itu pun bus malam.

Jadi gue pergi ke Semarang tanpa persiapan, sore hari gue berangkat ke Pasar Rebo, busnya pun udah nungguin gue, di dalam bus cuman ada delapan penumpang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ke Solo, Semarang, Kudus. Untuk menikmati perjalanan, gue pun duduk dengan menikmati lagu-lagunya Tulus, playlist pertama yang gue putar judulnya adalah sewindu, kalau gak salah liriknya yang seperti ini: "sudah sewindu gue jomblo melulu" ah sudahlah gue langsung matiin.

Ternyata bus yang gue tumpangi masih nyari penumpang, mungkin karena cuman delapan orang, jadi gue pun maklum, sebagai penumpang yang manut gue sih oke aja. Busnya pun berhenti di agen-agen bus Pulau Gadung. Setelah menunggu cukup lama, kondektur-nya nyuruh kita semua untuk pindah ke bus depan. Yang artinya kita semua di oper, dengan bus yang berbeda (dibaca:bukan satu agen). Setelah delapan penumpang termasuk gue, masuk bus. Kondektur bus yang kita singgahi pun bilang, "Ini bus cuman sampai Pekalongan" kita berlapan serentak kaget, dan protes.

Sementara bus yang kita tumpangi dari awal sudah pergi, kita semua protes keras ke kondektur yang tidak berdosa itu, dan kondektur pun menjelaskan dengan muka yang menantang. bahwa dirinya tidak bersalah, dia hanya membantu korban (dibaca: kita berlapan) dan kondektur bilang kalau kita semua sudah kena tipu, dan berhati-hatilah, lain kali jangan ke Pasar Rebo kalau mau aman.

Dan benar, tanpa persiapan yang matang untuk melakukan suatu pekerjaan, meskipun itu liburan, hasilnya kurang menyenangkan.

Itu duit, di dompet gue udah gak ada, gue cuman ngarepin temen gue, kalau udah sampai Semarang gue minta jemput. Tuh, kan bener, sampai Pekalongan doang, padahal gue udah berdoa biar sampai Semarang, gue gak ada duit. Cih..! mana gak ada Indomart, Atm, mana subuh, takut dirampok gue. Gue bingung, asli gue bingung, gue dengan sangat terpaksa meminjam duit ke orang yang baru pertama gue kenal di bus. dengan jaminan, alhamdulillah orangya baik banget, tanpa minta syarat apapun dan orangya bilang ke gue dia percaya kalau gue jujur. Makasih ya, udah baik cantik lagi.

Akhirnya sampai Semarang juga, dan gue telepon temen gue, namanya Paijo, dia jemput gue ke kosan dia, paijo orangya baik banget, dia ngerelain kamar kosnya buat tempat tinggal gue tanpa harus sewa hotel, gue kenal paijo dari teman kuliah gue dulu, walaupun dulu gue sama Paijo itu  beda kampus, Paijo tetap akrab sama gue.

Gue kontak semua temen yang di Semarang, ada yang nyamperin gue, ada juga yang gak bisa. Malam harinya gue diajakin nongkrong di Jl. Pahlawan Simpang Lima Semarang. Jl. Pahlawan adalah tempat nongkrong anak gaul Semarang. Gue, Erwin dan Paijo makan sambil bernostalgia jaman gue masih kuliah dulu, setelah nongkrong-nongkrong gak jelas, temen gue Erwin tiba-tiba kabur begitu saja. Usut punya usut dia takut sama orang yang bernama Tamara, Tamara adalah banci kaleng yang suka ngamen di sekitaran Simpang Lima Semarang.

Foto di Simpang Lima Semarang
Malam terakhir di Kota Semarang, 3 Januari 2015 sabtu malam, sebelumnya gue udah suruh Mb Tisna kumpulkan semua bolo kurowonya buat temu kangen sama gue. Mb Tisna pun langsung nyuruh gue dateng ke Cafe milik pacarnya, gue berangkat bareng Erwin, ya, Erwinlah yang selalu setia sama gue dari dulu sampai sekarang, mau disuruh-suruh kemanapun gue pergi. Thanks brader.

Sampai Cafe gue udah ditunggu Mb Tisna, Fany, pacarnya fani, ternyata banyak cerita yang gue gak tau, dari pacarnya fani yang udah ganti, dari mb Tisna yang ternyata pacarnya temen gue sendiri, dari Erwin yang bercita-cita pengin wirausaha membuka tempat karoke, sebenarnya masih ada yang pengin ketemu gue, namanya Ifana, tapi dia tidak di izinin sama orang tuanya karena lagi sakit, sampai ngirimin gambar ke gue, lagi nangis karena gak diizinin keluar.

Malam itu sangat mengesankan, terlebih lagi semua makanan dan minuman dibayarin sama Mb Tisna, suwun Mb Tisna, itu sangat-sangat mengesankan, tiada yang lebih mengesankan dari apapun adalah makan yang dibayarin.
Hari minggu 4 Januari 2015 gue harus pulang ke Jekardah, soalnya hari senin gue harus kembali bekerja. Sempat panik karena nyari tiket kereta sudah habis, tiket bus juga sudah habis, tiket yang tersedia kereta maupun bus cuman buat hari selasa, mau naik pesawat takut jatuh, bukan karena mahalnya, tapi emang gak suka naik pesawat, takut jatuh. :P

Setelah sholat dan berdoa, gue ditelepon cewe yang sangat cantik dan baik (dibaca: Emak gue) katanya minta oleh-oleh dari Semarang, sebagai anak sholeh, bukan, bokap gue namanya bukan sholeh. Sebagai anak yang sholeh bukan anaknya Pak sholeh gue nurut apa kata orang tua, birrul walidain.

Rejeki anak sholeh emang gak kemana, setelah gue ubek-ubek agen bus di Semarang akhirnya dapet tiket pulang ke Jakarta dengan harga yang sangat murah 120 ribu murahkan? dari pada 295 ribu. dan gue minta anterin Erwin ke Jl. Pandanaran buat beli oleh-oleh emak gue. Gue beli Bandeng Presto buat emak gue. Ya, Bandeng Presto adalah oleh-oleh yang sangat faforit di Semarang. Kalau ke Semarang gak beli Bandeng Presto rasanya nyesel.

Hari yang melelahkan adalah hari senin, Alhamdulillah gue nyampe Jakarta dengan selamat, meskipun baru nyampe langsung kerja. Setidaknya gue terhindar dari bully-an teman-teman gue yang di Jakarta.
Previous
Next Post »

Terimakasih sudah berkomentar, semoga yang berkomentar sopan tidak sara atau saru dapat pahala, yang tidak komentar gue kutuk jadi cakep. ConversionConversion EmoticonEmoticon